UMPU KENCANA LAKSANAKAN PROGRAM PADAT KARYA DALAM PEMBANGUNAN RABAT BETON


Way Kanan, R24Jam

Pemerintah Kampung Umpu Kencana melaksanakan program Padat Karya tahun 2023. Kegiatan diikuti masyarakat Kampung Umpu Kencana dalam Pembangunan Rabat Beton di Dusun 4 sesuai kriteria, selain mendukung program pembangunan Kampung Umpu Kencana kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.


Padat karya tunai (Cash for work) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/ pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.


Dengan skema Padat Karya Tunai dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.


"Kegiatan padat karya merupakan salah satu usaha kita bersama dalam mempercepat peningkatan kualitas perekonomian, yang mana perekonomian selalu menjadi masalah dengan tingkat urgensi tinggi pada setiap program pemerintah pusat maupun daerah, terutama di Kampung Umpu Kencana" Jelas Edi Supratman Kepala Kampung Umpu Kencana.Sabtu 22/12/2023.


“Pembangunan Jalan Rabat Beton Didusun 4 dengan panjang 173 meter, lebar 3 meter dan tinggi 20 cm menghabiskan dana total Rp. 50.792.000 sudah termasuk upah padat karya untuk masyarakat, Pembangunan tersebut menghabiskan bahan baku 68 kubik batu, pasir 34 kubik dan 307 sak semen, dengan rasio adukan 1 pasir 2 batu dan 3 semen. dilakukan dengan padat karya langsung diawasi oleh Kepala Kampung, Pihak media dan Ormas LMPI sebagai wakil dari kontrol sosial agar capaian pekerjaan pun dapat maksimal, hal ini agar terjadi keterbukaan informasi Publik” imbuh beliau. 


Edi Supratman berharap program padat karya dapat terlaksana dengan baik melalui pembinaan, pengawasan dan pengendalian berupa monitoring dan evaluasi secara berjenjang sehingga pengelolaan keuangannya pun dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Saya mohon kepada seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung program-program pembangunan di Kampung Umpu Kencana yang berkelanjutan. Selalu jalin komunikasi, koordinasi dan sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, " tandasnya. (Riv/Sen)

Posting Komentar

0 Komentar