LSM MEMINTA PT JAPA COMFFED YANG TIDAK TERDAPAT IZIN SEGERA KOSONGKAN LAHAN CHANDRA GOJALI




Banjarmasin, R24Jam

Aksi Demo Damai yang di gelar oleh Beberapa gabungan LSM di Kalimantan Selatan pada hari Rabu 1 Maret 2023 ini. Telah melangsungkan aksi demo  yang di pimpin oleh ketua LSM BABAK H. Ali dan Bang UDIN atau yang di panggil akrab Udin Palui dan sejumlah petisi LSM lainnya ikut hadir. 

Berorasi di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang mana menuntut kepada pihak perusahaan pakan ternak dan perternakan ayam potong yang mengaku memiliki hak lahan atau tanah yang di tempatinya ini segera dikosongkan.

Dalam pertemuan di dengan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang di sambut oleh Ketua DPRD DR. HC. H. Supian HK SH. MH dan ketua Komisi 1,Sekretaris Komisi 1 dan Anggota serta sekretaris dewan DPRD provinsi Kalimantan Selatan ini memohon apabila dengan pertemuan ini pihak terlapor PT. Jafa Compeed Indonesia merampas penguasa lahan/tanah sertifikat milik Chandra Gojali no. 179 yang berlokasi tanah/lahan ini di desa tambang ulang agar segera  kosongkan lahan/tanah  chandra GOJALI. Kalau tidak mau kami akan bongkar paksa bagunan PT japa di atas lahan Chandra  GOJALI segera di bongkar. 

Apa kah perusaan besar tidak punya malu  merampas  lahan orang tampa izin PT. Japfa Compeed Indonesia tetap ngotot dengan pendiriannya bahwa dia memiliki hak atas penguasaan tanah tersebut. Kalau PT japa punya hak tolong tunjukan izin bukti pemilik lahan  tersebut . Lahan candra GOJALI.

Namun ketika di pertanyakan oleh ketua Dewan DPRD Provinsi ada bukti yang bisa menyatakan hak atas kepemilikan lahan/tanah tersebut. Oleh PT japa GOMFFED.

Pihak PT. Japfa Compeed tidak bisa bekutik dan memberi bukti lahan/tanah yang di miliki nya tidak ada sehingga PT japa diam membisu akhirnya ketua dewan yang di pasilitasi oleh beberapa Perwakilan Rakyat ini meminta laporan sejauh mana proses hukum yang sudah di lakukan oleh pihak kepolisian atas penyelidikan permasalahan ini yang berlarut-larut ujung tahun belum adanya penyelesaian. Ada apa sebenarnya. 

Jagan ada dusta diantara hukum harus dintegakan Jagan beri jera yang udah melangar caplok tanah Chandra GOJALI. Membagun tampa izin segera di kosongkanm

Namun sudah ada beberapa dari pihak baik perwakilan Kantor Pertanahan  yang mengaku sudah di mintai keterangan dan pihak lainnya maka  sebelum acara ini di closing oleh ketua dewan DPRD Provinsi akan mempertanyakan kepada pihak Kepolisian Daerah mengenai sejauh mana proses masalah ini jadi sampai belum tuntas ini ungkap ketua DPRD KalSel H. Supian HK bila tidak ada penyelesaian tidak ada titik temu berarti ada apa. 

Anehnya berulang kali pihak PT. Japga Compeed selalu membuat pembicaraan keluar jalur dan menyebut  diri seorang mantan anggota pensiunan  mulai dari  mantan pembakal yang mau menjelaskan di tolak sampai dengan pihak kantor Pertanahan kota Tanah Laut yang sudah jelas- jelas menyatakan lahan/ tanah tersebut milik Chandra Gojali punya milik mengusulkan  untuk di proses perdata artinya pihak Pertanahan hadir disini hanya memalukan dirinya sendiri sebagai perwakilan Pertanahan yang di undang untuk di mintai keterangan. 

Sehingga dengan adanya permasalahan ini seperti yang di sampaikan oleh Ketua LSM BABAK H. Ali dalam jumpa persnya mengatakan tetap pada pendirianya untuk mengosongkan lahan/ tanah yang sudah di kuasai di Sertifikat nom179 ini, dan menduga adanya beberapa oknum mafia tanah yang bercokol di PT. Japfa mulai dari orang Pertanahan, oknum aparat kepolisian dan lainnya sehingga perlu adanya untuk lebih pada pihak terkait LSM minta segera tindak lanjuti permasalahan ini sebelum melebar  jauh pungkasnya, kepada Radar24jam.

(reza)

Posting Komentar

0 Komentar