Babinsa Koramil 431-02/Mentok Dukung Percepatan Penanggulangan TBC di Wilayah Tanjung



Mentok - Bangka Barat.radar24Jam

Babinsa Kelurahan Tanjung, Sertu Adi Hermawan anggota Koramil 431-02/Mentok menghadiri kegiatan Screening dan pemeriksaan TB Paru pada, Kamis (16/02/2023).

"Kegiatan berlangsung di Masjid Al-Murtadho di wilayah  RW 15, Kelurahan Tanjung, giat ini berjalan dengan lancar,"ujar Sertu Adi Hermawan.

Kepala Puskesmas (Kapuskes)  Mentok Harianto, SKM.MM mengatakan screening dan pemeriksaan terhadap kasus Tubercolusis Paru di wilayah sekitar dilaksanakan sesuai dengan surat yang disampaikan Bupati Bangka Barat, untuk percepatan penanggulangan kasus Tuberculosis Paru (TBC) di Wilayah Tanjung.

"Tujuan kami adalah untuk memutuskan rantai penularan ke masyarakat, dan untuk segera menuntaskan penyakit TBC agar  tidak menyebar, sehingga masyarakat di Wilayah Tanjung bisa selalu sehat dan  terbebas dari penyakit TBC,"terang Kapuskes Mentok melalui WA, Kamis (16/02/2023) siang.

Lebih lanjut dikatakan terkait screening yang dilaksanakan tersebut, warga yang melakukan kontak erat dengan penderita TBC atau yang bergejala , akan diambil dahaknya. Namun dahak yang berkwalitas diambil saat bangun tidur.

"Kami telah memberikan pot/wadah kepada 15 orang di tahap pertama ini, dahak tersebut selanjutnya ,akan kami periksa ke RSUD, untuk mengetahui positif atau negatif ( tidak TBC-red),"Imbuhnya.

Dari data yang ada, sejak tahun 2021 hingga saat ini (Februari 2023) ada 135 Kasus TBC yang terjadi Sekecamatan Mentok, dengan rincian 46 orang di Kelurahan Tanjung dan 16 orang di RT Teluk Rubiah. 

Ditempat terpisah, Danramil 431-02/Mentok, Mayor KAV Suherman mendukung giat Scrining dan Pemeriksaan TB Paru yang dilaksanakan tersebut.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini karena untuk percepatan penanggulangan Penyakit TBC, semoga rantai penyebaran TBC di wilayah binaan dapat segera di putuskan," pungkasnya.

Suhaidi.

Posting Komentar

0 Komentar