Desa Kupang Karangdowo Klaten Menyalurkan BLT DD 2022 Tahap Akhir


Klaten,R24Jam

Pemerintah Desa Kupang Kecamatan Karangdowo Klaten,Kamis 22/12/2022 menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap akhir. Ada sebanyak 122 orang kelompok penerima manfaat (KPM), dengan besar bantuan yang diterima yaitu Rp 300.000,-


BLT Dana Desa merupakan program jaring pengaman sosial untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19, dimana telah menimbulkan dampak pada 

aspek sosial, ekonomi, dan keuangan selain dampaknya terhadap aspek kesehatan masyarakat. 


Dalam acara penyaluran BLT DD ini dihadiri Sutari (Kepala Desa) beserta perangkat desa Kupang, Serda Wahyu Tri Wibowo selaku Babinsa , Aipda Sulis selaku Babinkamtibmas, Wiwidh Setyowati sebagai pendamping desa,dan kelompok penerima manfaat.


Kepala Desa Kupang, Sutari dalam sambutannya sebelum penyaluran BLT DD menyatakan bahwa program bantuan langsung tunai ini murni program yang digulirkan pemerintah untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Sutari juga menekankan agar bantuan yang diterima digunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari dan yang terakhir di tahun 2022.


"Ini adalah program pemerintah untuk membantu pemulihan ekonomi rakyat dan mohon untuk digunakan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, ini adalah BLT DD terakhir tahun 2022", tegas Sutari.


Sutari (Kades Kupang) secara simbolis menyerahkan BLT DD kepada warganya yang menjadi penerima manfaat.


" Apabila saya dan perangkat desa dalam melayani penyaluran bantuan kurang berkenan, kami mohon maaf", kata Sutari kepada warga penerima.


Seperti diketahui penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini berdasar mekanisme Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN dimana desa diwajibkan untuk menyelenggarakan BLT Dana Desa paling sedikit 40% dari pagu Dana Desa yang diterima. Kemudian ditindaklanjuti melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa yang didalamnya memuat mekanisme rincian penggunaan dana desa 2022 yang salah satunya penyelenggaraan BLT DD.

**(Agus SM - Kabiro Klaten)

Posting Komentar

0 Komentar