Diikuti 48 Perguruan Tinggi di Indonesia, UPI Jadi Tuan Rumah Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2023

 


KOTA BANDUNG, R24Jam

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terpilih menjadi tuan rumah ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2023 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).Lomba inovasi digital ini akan digelar pada 4-6 Juli 2023 mendatang dengan mengangkat tema Literasi Digital untuk Menumbuhkembangkan Talenta Pendidikan Nasional Menuju Indonesia Maju dengan Tatanan Kehidupan Baru.

Ketua Pelaksanaan LIDM Yudi Sukmayadi mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan talentanya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadi generasi yang unggul, inovatif, kreatif, kompeten, berkarakter, dan berbudaya.

“LIDM 2023 diikuti oleh 1.356 kelompok dari 234 perguruan tinggi di Indonesia dan yang masuk babak final sebanyak 100 kelompok peserta dari 48 perguruan tinggi di Indonesia,” kata Yudi, Minggu (2/7/2023) Kemarin.

Sementara itu, Rektor UPI Solehuddin mengungkapkan bahwa LIDM merupakan momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era revolusi industri 4.0 dan diharapkan mampu berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

“Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi serta digitalisasi,” ungkap Solehuddin.

“Secara umum tujuan LIDM ini untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa serta untuk mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital,” lanjutnya.

Di ajang LIDM 2023 ini, ada 5 divisi karya-karya inovasi pendidikan dan pembelajaran yang dilombakan. 5 divisi itu ialah divisi inovasi teknologi digital pendidikan, divisi inovasi pembelajaran digital pendidikan, divisi video digital pendidikan, divisi poster digital, serta divisi microteaching digital.

Adapun pelaksanaan LIDM 2023 nantinya akan dipusatkan di Gedung Achmad Sanusi serta Gedung Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) UPI. (Sind./Annisa)



Posting Komentar

0 Komentar