Jadikan puskesmas Rumah ke dua untuk Sehat.



Lombok Tengah,R24Jam
Puskesmas Sehat Demi mensukseskan program pengobatan tradisional (Batra) puskesmas Mujur gencar memanfaatkan lahan kosong di seputaran puskesmas.

Hal ini disampaikan dr IGNB Wirra Parranatta Rabu (11/01/2023) Diruang kerjanya mengingat pengobatan tradisional ini sangat penting di sandingkan dengan pengobatan modern dengan obat-obatan konvensional berbahan kimia (obat-obat yang biasa diberikan puskesmas, red).

"Setiap hari sabtu, kami kerja bakti merawat dan memperbanyak green house tanaman obat tradisional, sehingga bagi kami tidak bolah ada lahan kosong yang tidak diisi dengan tanaman obat tradisional,"kata kapus Mujur diruang kerjanya Rabu (11/01/2023).

Adapun langkah memperkenalkan dan membudayakan pengobatan tradisional Puskesmas Mujur diakui pernah menyediakan jamu-jamu sebagai minuman selamat datang (welcome drink,red) bagi pasien, namun belum bisa berlanjut dikarenakan keterbatasan bahan.

"Pernah kami setiap hari jum'at setiap minggunya menyediakan minuman jamu jahe merah, jamu kunyit, dan lainnya untuk para pasien yang datang berobat, namun terkendala kekurangan bahan,"cerita dr Wirra.

Untuk itu, dr Wirra berharap agar masyarakat di lima Desa binaan puskesmas Mujur seperti Desa Mujur, Sukaraja, Sengkerang, Marong dan Desa Kidang Kecamatan Praya Timur bisa tergugah hatinya untuk bisa membudidayakan tanaman obat tradisional (rempah-rempah) seperti, Kunyit, berbagi jenis temu lawak, laos, renggak, jahe merah, hitam, dan beberapa tumbuhan yang lainnya.

"Walau rata-rata sedang mempersiapkan penanaman tanaman obat tradisional di lima Desa binaan kami, namun yang sudah terlihat perkembangan hasinya baru ada satu Desa yaitu di Desa Mujur."ungkap kapus Mujur"tutupnya.
Rsl

Posting Komentar

0 Komentar