Turis Bule Beli Minum di Jalan Malioboro, Aksi Pedagang Keliling Jawab Pakai Bahasa Jawa Jadi Ciri Khas Yogyakarta



Yogyakarta,Radar 24 Jam

Jalan Malioboro disebut sebagai salah satu destinasi wisata wajib di Yogyakarta untuk turis lokal maupun internasional. Di sana, turis bisa berbelanja atau sekedar jajan karena banyak toko maupun pedagang keliling sesuai pantauan media kabarreskrim Selasa malam,(20/12/2022)


Sepasang turis bule pun menyempatkan diri berjalan-jalan di Malioboro. Momen mereka jalan-jalan diMalioboropun menyempatkan membeli minuman di pedagang keliling.


Awalnya mereka bertanya kepada wanita yang merupakan pedagang minuman keliling. Pria bule itu bertanya menggunakan bahasa Inggris tentang minuman apa yang dijual.


"Orange? (Jeruk?)" tanya wanita itu. Tanpa disangka, pedagang terebut menjawab dengan bahasa Jawa. "Nggih (iya)," kata pedagang tersebut sambil mengangguk dan tersenyum ramah.


Untungnya wanita bule itu mengerti dan bertanya soal es teh di sebelah es jeruk. Ia juga bertanya harga minuman tersebut.


Karena tak terlalu bisa bahasa Inggris, pedagang tersebut lantas merogoh kantung dan mengeluarkan selembar uang Rp5.000. Akhirnya, wanita tersebut membeli segelas es jeruk dan menikmatinya.


Selain membeli es jeruk, pasangan turis bule ini juga melihat pertunjukan Kesenian  yang menggunakan pakaian adat Jawa. Pria bule semakin penasaran menambah keseruan Malioboro malam itu.


"Jujur lho ibu penjualnya dengan harga dagangannya sambil nunjukin uang Rp5.000," komentar.sal9ah seorang pengunjung  yang tak mau disebutkan namanya.


Pengunjung lain berucap  "Si ibu tetap jawab dengan bahasa Jawa sopan meski yang diajak bicara nggak ngerti bahasa Jawa," ujarnya.(HK)


Penulis:Hendra Kurniawan

Jurnalis:Hendra Kurniawan

Posting Komentar

0 Komentar