Dandim 0431 Bangka Barat Memimpin Dalam Acara Pembinaan Mencegah Terjadinya Konflik di Dalam Masyarakat




Bangka Barat, Radar24Jam.com -
Untuk mencegah terjadinya konflik sosial yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khusus nya di wilayah Bangka barat ,Kodim 0431 bangka barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Komunikasi (Binkom) dalam bentuk Dialog Interaktif  peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial diwilayah kodim 0431.

Binkom tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis 03/11/2022,digedung graha aparatur komplek Pemda Bangka barat.

Melibatkan Dandim 0431 Babar dan Jajaran nya, Kasat Intelkam, Katim Sintelad, Kaban Kesbangpol dan jajaran lainnya.

Dalam dialog Interaktif tersebut letkol Inf.Deri indrawan memaparkan Materi Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial. Dalam Pemaparannya memberi motivasi agar para peserta yang hadir baik dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, organisasi Kemasyarakatan dan Mahasiswa di wilayah Bangka Barat.

"Katim Sintelad dalam pidato nya menyampaikan, "Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan suatu bangsa yang banyak memiliki keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya. Pada satu sisi merupakan suatu kekayaan sebagai bangsa yang besar, secara langsung ataupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat". 

Namun pada sisi  lain kondisi tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan nasional apabila terdapat ketimpangan pembangunan, kesenjangan sosial dan ekonomi serta tidak terkendalinya kehidupan dinamika di negeri ini.

Jadi tujuan diadakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Komunikasi (Binkom) tentang  Dialog Interaktif  peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial ini adalah agar bisa diantisipasi bersama dengan peran serta masyarakat.

Keterlibatan komponen masyarakat ini mampu memberikan manfaat bagi kita semua terutama terbentuknya sinergitas untuk meminimalisir terjadinya suatu konflik sosial yang terjadi di masyarakat.

Dengan memahami konflik sosial, maka kita akan dapat menempatkan diri untuk tetap menjaga mematuhi dan mentaati seluruh aturan yang sudah diterapkan, sehingga tidak terpengaruh untuk melakukan tindakan yang membahayakan keutuhan bangsa dan Negara. Demikian penyampaian materi oleh Katim Sintelad.

Selanjutnya Kaban Kesbangpol menyampaikan konflik yang terkontrol umumnya akan Menghasilkan integrasi, tetapi integrasi yang tidak sempurna dapat menimbulkan Konflik.maka ciptakan situasi damai ditengah masyarakat. (Suhaidi R24Jam)

Posting Komentar

0 Komentar