Proyek Jalan Siluman Kepala Desa Tinggiran


Batola,R24Jam

Pendalaman Baru adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia,desa yang berjarak sekitar 55,3 km dari Banjarmasin atau sekitar 1 jam 41menit perjalanan, jum'at (10/02/2023).


Ketika menyusuri jalan di seputar desa Barambai Baru ada berupa jalan yang keliantanya belum selesai di jalan Tinggiran saat kami tanyakan kepada warga proyek ini ada penambahan 1 meter dari badan jalan yang membuat warga bingung proyek ini tidak melalui rapat bersama yang seharusnya di jalankan oleh kepala desa.


Dalam proyek pembangunan seharusnya seorang kepala desa wajib mendukung program pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik (good governance) ditandai dengan tiga pilar utama yang merupakan elemen dasar yang saling berkaitan yaitu partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Salah satu usaha untuk mengurangi terjadinya praktik penyimpangan di pemerintahan adalah dengan menerapkan sistem akuntabilitas publik yang baik.


Dalam pelaksanaan pemerintahan, pemerintah desa wajib mengelola keuangan desa secara :


Transparan berarti dikelola secara terbuka;Akuntabel berarti dipertanggungjawabkan secara hukum; dan Partisipatif bermakna melibatkan masyarakat dalam prosesnya.


Disamping itu, keuangan desa harus dibukukan dan dilaporkan sesuai dengan kaidah sistem Akuntansi keuangan pemerintahan.


Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 71 ayat 1 dijelaskan Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban Desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban Desa.


Ketika wartawan mengkonfirmasi kepada Yusran (kepala desa) pembangunan proyek jalan ini di biaya i oleh dia sendiri???

(rezaradar24jam)

Posting Komentar

0 Komentar