Jaga Kesehatan Masyarakat, Semua Puskesmas Galakkan Tanam Obat Tradisional



Lombok Tengah, Radar24Jam 

Untuk meningkatkan kesehatan dan ketahanan tubuh masyarakat, semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Lombok Tengah berinovasi menggalakkan kesadaran menanam Tanaman Obat Tradisional di halaman rumahnya.


Seperti yang disampaikan Ners H Ahmad Safwan S Kep kepala Puskesmas Teratak kecamatan Batukliang Utara, terkait dengan obat tradisional memang seperti kesepakatan awal semua Puskesmas menggalakan kebiasaan menanam tanaman obat tradisional.


"Memang seperti diawal kita menggalakan bagaimana untuk di semua puskesmas itu budidaya tanaman obat tradisional yang di buatkan tempat khusus nanti kalau sudah di perbanyak nanti bisa di bagi ke masyarakat sekitar," ungkap Ahmad Safwan jumat 06/01/2023.


Dirinya berharap obat teradisional bisa membantu sebelum berangkat ke fasilitas kesehatan seperti Pustu ataupun Puskesmas. Ahmad Safwan juga menjelaskan program tersebut bisa memberikan edukasi dan penjelasan bagiamana cara mengolah berbagai jenis tanaman obat tradisional seperti tanaman jahe merah ,jeruk nipis, dan lain-lain.


"Ada sekitar lima puluh jenis tanaman obat-obatan yang kita tempatkan sebelah kiri Puskesmas, Harapan ke depan mudahan mudah masyarakat juga di rumah setelah kita edukasi bisa di kembangkan sehingga bisa membantu dirinya sendiri sebelum kita berkunjung ke puskesmas, Misalnya saja sayur-sayuran itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan karyawan setempat, sebab dengan memperbanyak sayur sayuran itu bisa menyeimbangkan gizi dan meningkatkan kesehatan,"jelas Kapus Teratak itu.


Lebih lanjut, ungkap Kapus terkait masalah tanaman rempah-rempah, itu bisa dijadikan obat tradisional. Sebagaimana diketahui semua kalau zaman dulu, para sesepuh selalu memanfaatkan rempah-rempah, baik kunyit, jahe dan yang lainnya digunakan untuk berobat. 


"Sehingga peninggalan nenek moyang kita jangan sampai ditinggalkan karena manfaatnya besar sehingga harus kita lestarikan,"tegasnya.


Ia menambahkan, masih adanya Puskesmas yang belum maksimal menjalankan program tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi dan mendorong semua Puskesmas untuk berlomba dalam berinovasi. 


Seperti diketahui bahwa Setiap pagi senin suatu kewajiban Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, melaksanakan program keliling menyambangi Puskesmas untuk mengisi kegiatan apel pagi."tutupnya.

Rsl

Posting Komentar

0 Komentar